Selasa, 01 Februari 2011

Honda elektronic steering damper (HESD)

Merupakan sistem peredam kemudi pada motor yang dikembangkan oleh honda. sistem steering damper ini tidaklah sama dengan stering damper pada umumnya yang masih dikontrol manual dan juga berbentuk silinder panjang.

  Honda elektronic steering damper (HESD) memiliki prinsip kerja hampir sama dengan steering damper biasa, yaitu meredam getaran ataupun keganasan kemudi motor saat dikendarai pada kecepatan tinggi. tapi pada steering damper kebanyakan,kekerasan pada kemudi akan tetap,tidak dipengaruhi oleh kecepatan motor itu sendiri dan tidak bisa melekukan pariabel setelan kekerasan sesuai dengan kecepatan. Lainlagi pada HESD,pada sistem ini , kontrol sepenuhnya dilakukan oleh ECU, dan hanya sedikit imput yang diberikan oleh ridernya.
sistem steering manual
HESD terhubung dengan sensor-sensor yang mendeteksi terjadinya perubahan pada kecepatan motor. disaat motor berjalan dengan pelan dan melakukan manufer menikung, maka sensor akan mengirim pesan ke ECU/modul untu memerintah steering damper mengurangi hambatan, kemudipun jadi ringan. pada kecepatan tinggi, kemudi akan diLock untuk sedikit melakukan gerakan.
Motor yang pertama menerapkan sistem ini adalah honda RC211V, yang menghantar rossi menjauarai motoGp pada tahun 2002.
sumber: http://dewataspeedblog.wordpress.com/2010/11/20/honda-electronic-steering-damper-hesd/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar